Senin, 29 April 2013

Contoh web browser

Beberapa contoh web browser yang dapat digunakan:

 

1. Netscape Navigator 

Netscape navigator merupakan browser yang dibuat dari basis kode sumber Musaic Web Browser dari national center for supercomputing applications (NCSA), karena pembuat NCSA, Marc Andressen adalah pendiri netscape corporation. selain tersedia dalam bentuk netscape navigator, yang menggabungkan navigator, klien e-mail, editor halaman web, dan aplikasi lainnya. Netscape Navigator merupakan peramban web yang terkenal pada era 1990-an dan paling banyak digunakan sebelum kemunculan Internet Explorer dari Microsoft, yang dibuat oleh Netscape Corporation. Pada tahun 1999, Netscape Corporation diakusisi oleh America Online (AOL), dan proyek Gecko yang sedang dibuat oleh Netscape pun dibuat kode sumber terbukanya setelah Netscape mendirikan proyek Mozilla.org. Jadi bisa diambil kesimpulan bahwa Netscape Navigator adalah peramban web yang merupakan gagasan bagi peramban Mozilla Firefox.

2. Google Chrome

Google chrome adalah sebuah penjelajah terbuka yang dikembangkan oleh Google Inc.  Dengan menggunakan mesin rendering webkit. proyek sumber terbukanya sendiri dinamakan chromium. Google chrome diluncurkan pada tanggal 2 september 2008 versi beta untuk Microsoft  dalam 43 bahasa.

keunggulan google chorome

1) kemampuan menebalkan nama domain sebuah website yang dianggapnya berbahaya.

2) Desain chorome tergolong simpel dan minimalis, serta mudah di-uptade.

3)chorome juga tergolong ringan dan gesit, serta memiliki sekuriti kuat, saat ini menjadi browser yang paling tahan terhadap serangan hacker.dll

kelemahan google chorome

1) statis, fiturnya kurang banyak.

2)chorome juga memiliki fitur download otomatis yang di khawatirkan akan disalah gunakan oleh hacker.

3) browser ini menyimpan 2% pada pencarian pengguna, lengkap dengan alamat IP-nya. walaupun dalam beberapa waktu tertentu data ini akan dianonimkan. ini artinya google bisa saja tahu siapa mencari apa dan di mana.dll

 

3. Safari

Pada tanggal 7 Januari 2003, Steve Jobs mengumumkan bahwa Apple telah mengembangkan peramban web miliknya sendiri yang berbasiskan KHTML mesin peramban yang dinamakan Safari. Mereka merilis versi beta pertama pada hari itu dan sejumlah beta versi lainya mengikuti sampai kepada veri 1.0 yang dirilis pada 23 Juni 2003. Pada mulanya tersedia sebagai aplikasi yang diunduh secara terpisah kemudian digabungkan dengan Mac OS X v10.3 saat rilis pada 24 Oktober 2003 sebagai web bawaan dan Internet Explorer for Mac hanya dimasukkan sebagai alternatif. Sejak liris Mac OS X v10.4 pada 29 April 2005, Safari menjadi satu-satunya peramban web yang termasuk dalam sistem pengoperasian.Safari adalah sebuah penjelajah web buatan Apple Inc. yang awalnya hanya ditujukan khusus bagi sistem operasi Mac OS.

Sampai saat ini, safari selalu dibundel bersama Mac OS X dan merupakan penjelajah web default di sistem operasi tersebut sejak Mac OS X v10.3. Sebelumnya dari tahun 1997 hingga 2003, Mac OS X menggunakan Internet Explorer for Mac sebagai peramban web bawaan. Pada 11 Juni 2007, versi pratayang untuk Windows baik yang cocok untuk Windows XP dan Windows Vista dari Safari diperkenalkan pada Muktamar Pengembang Sedunia Apple di San Francisco. Safari memberikan fitur yang hampir umum yang dimiliki oleh peramban web lainnya seperti: Perambanan melalui tab, pengaturan markah buku, kotak pencarian web yang dapat diatur ukurannya pada toolbar baik yang menggunakan Google pada Mac atau Google atau Yahoo pada Windows dll.

4. Maxthon Browser

  Menurut Maxthon International CEO Ming Jie “Jeff” Chen, Maxthon didasarkan pada MyIE, modifikasi populer yang telah dibuat oleh Changyou programmer Cina untuk menyesuaikan Microsoft Internet Explorer web browser.Changyou memposting sebagian besar kode sumber untuk MyIE pada sistem papan Buletin sebelum meninggalkan proyek pada tahun 2000. Chen kemudian dilanjutkan MyIE independen berkembang dan pada tahun 2002 merilis versi baru, MyIE2.Pengguna di seluruh dunia yang cukup aktif dalam memberikan kontribusi bagi pembangunan MyIE2, menambahkan banyak plugin , kulit dan membantu dengan debugging . MyIE2 diubah namanya Maxthon pada tahun 2003. Kemudian pada tanggal 7 Juli 2012, Maxthon untuk Mac dirilis. Pada tanggal 10 Desember 2012, Maxthon Browser Cloud (Maxthon 4) dirilis.Maxthon adalah browser yang menggunakan engine milik Internet Explorer, Trident dan 100% compatible dengan Internet Explorer. Hanya saja, Maxthon memiliki berbagai fitur yang tidak dimiliki oleh Internet Explorer. Fitur-fitur yang terdapat pada Maxthon browser antara lain split screen option: membagi tab yang terbuka ke kiri dan kanan layar bila opsi ini dipilih, sisi beroperasi secara independen, tabbed dokumen antarmuka,  AD Hunter – utilitas ad-blocking bahwa blok pop-up , spanduk Web dan iklan mengambang di halaman Web dll.

5. Avant Browser

Avant browser adalah browser yang cepat, stabil, user-friendly dan merupakan multiwindow browser yang menggunakan engine dari Internet Explorer. Avant Browser adalah freeware browser web dari programmer Cina bernama Anderson Che,

pada tanggal 30 Januari 2004  yang menyatukan mesin Trident tata letak dibangun ke Windows ( Internet Explorer shell ) dengan antarmuka yang dimaksudkan untuk menjadi lebih kaya fitur , fleksibel dan ergonomis dari Microsoft ‘s Internet Explorer (IE). Ini berjalan pada Windows 2000 dan di atas, termasuk Windows 7 . Internet Explorer versi 6 sampai 9 didukung. Versi 2012 (dirilis Oktober 2011) dipisahkan dalam dua edisi: edisi Ultimate, yang menambahkan mesin Gecko layout (digunakan oleh Mozilla Firefox ), yang memungkinkan pengguna memilih antara kedua mesin tata letak, dan edisi Lite yang hanya berisi tata letak mesin Trident.Pada November 2008, total unduhan melampaui 22,5 juta. Avant Browser saat ini tersedia dalam 41 bahasa.

Avant Browser sebagian besar terinspirasi oleh Opera , browser besar pertama untuk memiliki antarmuka beberapa dokumen . Tujuan pengembang adalah untuk membungkus antarmuka sebanding sekitar layout engine yang digunakan oleh Internet Explorer, sehingga mencapai Opera seperti ergonomi tanpa menderita masalah sering bahwa browser telah render halaman diuji hanya di Internet Explorer. Bahkan, itu awalnya dirilis dibawah nama “IEopera”, meskipun hal ini segera berubah karena masalah merek dagang yang jelas. Kemudian, pengembang Avant itu, Anderson Che, telah berkonsentrasi pada menambahkan user-diminta fitur, dan Avant merupakan salah satu browser pertama yang memiliki popup blocking, iklan server yang memblokir, dan satu-klik penghentian kerentanan keamanan potensial seperti ActiveX , Java , dan JavaScript .

6. Deepnet Explorer

Deepnet Explorer adalah browser yang dibuat oleh Deepnet Security untuk Microsoft Windows platform. Versi terbaru adalah 1.5.3 (BETA 3) yang dirilis pada 19 Januari 2006. Dikembangkan di Inggris, Deepnet Explorer memperoleh pengakuan awal baik untuk penggunaan anti- phishing alat dan dimasukkannya peer-to-peer fasilitas untuk file sharing , berdasarkan Gnutella jaringan. Fitur anti-phishing, dalam kombinasi dengan penambahan lainnya, memimpin pengembang untuk mengklaim bahwa itu memiliki tingkat keamanan yang lebih tinggi dari baik Firefox atau Internet Explorer-namun, sebagai mesin render yang mendasari masih sama dengan yang digunakan di Internet Explorer, ia menyarankan bahwa keamanan membaik akan gagal untuk mengatasi kerentanan ditemukan pada mesin rendering. Explorer adalah sebuah web penjelajah yang sudah dilengkapi dengan fitur tab browsing untuk halaman multiple.

7. Mosaic NCSA

Mosaic NCSA, atau hanya Mosaic, adalah web Browser pada tahun 1993dan secara resmi dihentikan pengembangan dan dukungan pada tanggal 7 Januari 1997. Namun, hal ini masih dapat didownload dari NCSA.

Netscape Navigator ini kemudian dikembangkan oleh Netscape , yang mempekerjakan banyak penulis Musa asli, namun sengaja tidak berbagi kode dengan Musa. Keturunan kode Netscape Navigator adalah Mozilla Firefox . Dua puluh tahun setelah pengenalan Mosaic, browser kontemporer paling populer, Google Chrome , Internet Explorer , dan Mozilla Firefox mempertahankan banyak karakteristik dari antarmuka pengguna grafis Mosaic asli ( GUI ) dan pengalaman interaktif. David Thompson menguji ViolaWWW dan menunjukkan aplikasi untuk Marc Andreessen . Andreessen dan Eric Bina awalnya merancang dan memprogram NCSA Mosaic untuk Unix Sistem X Window disebut xmosaic Pendanaan untuk pengembangan Mosaic berasal dari High-Performance Computing dan Komunikasi Initiative, sebuah program yang dibuat oleh High Performance Computing dan Komunikasi UU tahun 1991 . Pengembangan Mosaic dimulai pada Desember 1992. Versi 0,1-0,9 adalah yang pertama dikembangkan dan dirilis. Versi 1.0 dirilis pada tanggal 22 April 1993, diikuti oleh dua rilis pemeliharaan selama musim panas 1993. Sebuah pelabuhan Mosaic ke Amiga Commodore tersedia pada bulan Oktober 1993. Port untuk Windows dan Macintosh sudah dirilis pada bulan September. Versi 2.0 dari NCSA Mosaic dirilis pada bulan Desember 1993, bersama dengan versi 1.0 rilis untuk Windows. Sebuah Acorn Archimedes pelabuhan sedang berlangsung pada Mei 1994. Marc Andreessen, pemimpin tim yang mengembangkan Mosaic, meninggalkan NCSA dan, dengan James H. Clark, salah satu pendiri dari Silicon Graphics, Inc (SGI), dan empat mantan siswa lainnya dan staf dari University of Illinois , mulai Mosaic Communications Corporation. Komunikasi Mosaic akhirnya menjadi Netscape Communications Corporation , memproduksi Netscape Navigator.

8. Konqueror

Konqueror adalah sebuah browser web untuk sistem operasi Linux berbasis KDE. Browser web ini adalah browser web standar pada Linux. Selain bisa digunakan unytuk menjelajah web, Konqueror ini juga dapat digunakan untuk menjelajah isi komputer dan juga bisa digunakan menjadi penampil dokumen universal. Selain mendukung fungsi standar itu, Konqueror juga mendukung tabbed browsing, shell, dan mendukung penampil identitas browser yang dapat diubah ke sejumlah besar nama browser, misalnya Mozilla Firefox, dan lain lain. Pengembang dari konqueror adalah KDE dan tanggal diluncurkan adalah pada 14 Oktober 1996.

 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar